Sunday, April 4, 2021

Cara buat daftar isi otomatis di MS. Word

 

Daftar isi dalam Mr. Word adalah komponen penting untuk sebuah file dokumen agar lebih mudah bagi para pembaca untuk mencari informasi apa saja yang terdapat dalam dokumen itu sendiri.

 

Apabila kamu sedang mencari bagaimana cara untuk buat daftar isi secara otomatis di word, sangat tepat membaca artikel ini karena akan saya berikan cara nya.


Disini kamu akan diberikan langkah-langkah membuat daftar isi otomatis mr. word secara detail, Langsung aja simak di bawah ini

 

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Mr. Word

 

  1. Block Judul

cara buat daftar isi otomatis di word

Yang pertama blok judul terlebih dahulu pada dokumen yang kamu inginkan

Lalu klik select atau bisa juga klik sebanyak 3x pada judul

 

  1. Pilih Heading

cara membuat daftar isi otomatis di word

Memilih heading yang kamu inginkan di tab Home

 

Nanti bisa pilih H1 untuk judul, H2 untuk subjudul, dan h3 untuk sub sub judul lainnya

 

  1. Pengaturan style Heading

cara membuat daftar isi otomatis di word

Mengatur style heading yang dipilih, nanti secara default akan ada font yang warna biru, untuk mengubah warna nya klik Modify

 

Akan muncul jendela baru di sini kamu bisa mengatur style heading yang kamu inginkan

Contoh nya gambar di bawah ini

cara membuat daftar isi otomatis di word

  1. Sub judul atau Judul

cara membuat daftar isi otomatis di word

Selanjut nya lakukan langkah demi langkah cara di atas untuk judul dan sub judul sampai akhir halaman dokumen kamu

 

  1. Selipkan halaman khusus daftar isi

Berikut nya sisipkan halaman khusus lalu pilih tab insert > blank page

cara membuat daftar isi otomatis di word

Jika sudah di klik akan muncul halaman kosong pada dokumen kamu, selanjut nya bisa kamu tambahkan judul pada halaman yang kosong tadi, contoh kaya gambar di bawah ini

cara membuat daftar isi otomatis di word

  1. Masukan daftar isi ke tab references

cara membuat daftar isi otomatis di word

Memasukkan daftar isi melalui tab references , untuk melakukan nya kamu bisa menuju ke tab references > lalu pilih table of contents

 

  1. Memilih jenis daftar isi

Selanjut nya memilih jenis daftar isi kamu tinggal pilih salah satu automatic table 1 atau automatic table 2

cara membuat daftar isi otomatis di word

  1. Mengupdate isi dokumen, jika dibutuhkan

Apabila kamu mengupdate konten akan ada perubahan pada dokumen tepat nya di urutan halaman bertambah atau berubah.

Solusi nya di update dulu daftar isi yang sudah kamu buat agar tidak ada perubahan halaman dokumen. Cara nya cukup simple, klik update table yang terdapat pada halaman daftar isi

cara membuat daftar isi otomatis di word

Akan ada dua pilihan update page number only dan update entrie table

 

Update page number only

cara membuat daftar isi otomatis di word

Ini digunakan apa bila kamu merubah judul, tapi cuma menambah tulisan jadi menyebabkan halaman berkurang atau bertambah

Page number only hanya akan mengupdate nomor saja sesuai dengan perubahan yang kamu lakukan.

 

Update entire table

cara membuat daftar isi otomatis di word

Cara ini hanya di gunakan bila kamu sudah mengubah isi judul pada dokumen.

Entire table hanya akan digunakan mengupdate judul daftar isi dan mengubah nomor halaman nya.

 

  1. Atur format tulisan yang sesuai pada daftar isi

Jika sudah melakukan tahap-tahap di atas harus nya daftar isi yang kamu sudah muncul lengkap dengan nomor halaman dan titik-titik.

Tapi biasa nya format dalam tulisan menggunakan format standar (default) kaya gambar dibawah ini

cara membuat daftar isi otomatis di word

Tapi tenang semua itu mudah di atasi dengan cara blok bisa juga select semua tulisan yang ada di dokumen lalu klik font dan format yang sesuai sama dokumen mu.

Contoh seperti ini, kamu memformat tulisan menjadi font time new romans dengan ukuran 12

cara membuat daftar isi otomatis di word

Pertama blok tulisan di daftar isi dengan klik titik 3 kaya gambar di bawah ini

cara membuat daftar isi otomatis di word

Kemudian tinggal atur jenis font serta ukuran di tab home kaya gambar di atas

 

  1. Save dokumen

cara membuat daftar isi otomatis di word

Terakhir save dokumen  supaya tidak hilang jika kamu close, cara nya cukup CTRL+S atau bisa juga dengan manual klik pojok kiri atas cari save as dan klik selesai deh.

 

Itulah langkah mudah membuat daftar isi otomatis di word semoga kalian semua yang membaca ini paham dengan materi yang saya tulis ini.

 

SUMBER:  https://www.revolusitekno.com/

No comments:

Post a Comment