Daftar isi dalam Mr. Word adalah komponen penting untuk sebuah file dokumen agar lebih mudah bagi para pembaca untuk mencari informasi apa saja yang terdapat dalam dokumen itu sendiri.
Apabila kamu sedang mencari bagaimana cara untuk buat daftar isi secara otomatis di word, sangat tepat membaca artikel ini karena akan saya berikan cara nya.
Disini kamu akan diberikan langkah-langkah membuat daftar isi otomatis mr. word secara detail, Langsung aja simak di bawah ini
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Mr. Word
-
Block Judul
Yang pertama blok judul terlebih dahulu pada dokumen yang kamu inginkan
Lalu klik select atau bisa juga klik sebanyak 3x pada judul
-
Pilih Heading
Memilih heading yang kamu inginkan di tab Home
Nanti bisa pilih H1 untuk judul, H2 untuk subjudul, dan h3 untuk sub sub judul lainnya
-
Pengaturan style Heading
Mengatur style heading yang dipilih, nanti secara default akan ada font yang warna biru, untuk mengubah warna nya klik Modify
Akan muncul jendela baru di sini kamu bisa mengatur style heading yang kamu inginkan
Contoh nya gambar di bawah ini
-
Sub judul atau Judul
Selanjut nya lakukan langkah demi langkah cara di atas untuk judul dan sub judul sampai akhir halaman dokumen kamu
-
Selipkan halaman khusus daftar isi
Berikut nya sisipkan halaman khusus lalu pilih tab insert > blank page
Jika sudah di klik akan muncul halaman kosong pada dokumen kamu, selanjut nya bisa kamu tambahkan judul pada halaman yang kosong tadi, contoh kaya gambar di bawah ini
-
Masukan daftar isi ke tab references
Memasukkan daftar isi melalui tab references , untuk melakukan nya kamu bisa menuju ke tab references > lalu pilih table of contents
-
Memilih jenis daftar isi
Selanjut nya memilih jenis daftar isi kamu tinggal pilih salah satu automatic table 1 atau automatic table 2
-
Mengupdate isi dokumen, jika dibutuhkan
Apabila kamu mengupdate konten akan ada perubahan pada dokumen tepat nya di urutan halaman bertambah atau berubah.
Solusi nya di update dulu daftar isi yang sudah kamu buat agar tidak ada perubahan halaman dokumen. Cara nya cukup simple, klik update table yang terdapat pada halaman daftar isi
Akan ada dua pilihan update page number only dan update entrie table
Update page number only
Ini digunakan apa bila kamu merubah judul, tapi cuma menambah tulisan jadi menyebabkan halaman berkurang atau bertambah
Page number only hanya akan mengupdate nomor saja sesuai dengan perubahan yang kamu lakukan.
Update entire table
Cara ini hanya di gunakan bila kamu sudah mengubah isi judul pada dokumen.
Entire table hanya akan digunakan mengupdate judul daftar isi dan mengubah nomor halaman nya.
-
Atur format tulisan yang sesuai pada daftar isi
Jika sudah melakukan tahap-tahap di atas harus nya daftar isi yang kamu sudah muncul lengkap dengan nomor halaman dan titik-titik.
Tapi biasa nya format dalam tulisan menggunakan format standar (default) kaya gambar dibawah ini
Tapi tenang semua itu mudah di atasi dengan cara blok bisa juga select semua tulisan yang ada di dokumen lalu klik font dan format yang sesuai sama dokumen mu.
Contoh seperti ini, kamu memformat tulisan menjadi font time new romans dengan ukuran 12
Pertama blok tulisan di daftar isi dengan klik titik 3 kaya gambar di bawah ini
Kemudian tinggal atur jenis font serta ukuran di tab home kaya gambar di atas
-
Save dokumen
Terakhir save dokumen supaya tidak hilang jika kamu close, cara nya cukup CTRL+S atau bisa juga dengan manual klik pojok kiri atas cari save as dan klik selesai deh.
Itulah langkah mudah membuat daftar isi otomatis di word semoga kalian semua yang membaca ini paham dengan materi yang saya tulis ini.
SUMBER: https://www.revolusitekno.com/
No comments:
Post a Comment